Rpp K13 Dasar pola

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah                                             : SMK NEGERI 1 AMPELGADING
Mata Pelajaran                                  : DASAR POLA
Kelas/Semester                                  : X/1
Materi Pokok                                    : Pemindahan Lipit Pantas
Alokasi Waktu                                  : 1 x Pertemuan (@ 1JP x 30 Menit)

A.  Kompetensi Inti
3.        Memahami menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, dan procedural berdasarkaqn rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab phenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
3.6 . Merumuskan teknik memindahkan lipit pantas
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.6.1  Menjelaskan Macam-macam pemindahan lipit pantas pada tempat-tempat  umum
3.6.2  Mendiskusikan Macam-macam pemindahan lipit pantas pada garis hias

C.  Tujuan Pembelajaran
Melalui proses mengamati, berdiskusi, penugasan dan tanya jawab tentang  peserta didik mampu:
1.  Menjelaskan Macam-macam pemindahan lipit pantas pada tempat-tempat umum
2.  Mendiskusikan Macam-macam pemindahan lipit pantas pada garis hias

D.  Materi Pembelajaran
-      Pemindahan lipit pantas (Terlampir)

E.     Pendekatan, Model dan Metode
Pendekatan : Sientific
Model         : Pembelajaran Discovery Learning
Metode       : Ceramah, Diskusi, Tanya jawab, penugasan

F.    Media Pembelajaran
Flip Chart, Powerpoint, Hand Out

G. Sumber Belajar 
 Konstruksi Pola Busana, Buku Penuntun Membuat Pola Busana Tingkat Dasar, Analisa Pecah Model Busana Wanita.

H.  Langkah-langkah Pembelajaran/Rancangan Pertemuan
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·     Ketua kelas memimpin doa pada saat pembelajaran akan dimulai
·     Siswa mencermati gambar berbagai macam lipit pantas
·     Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang harus dicapai peserta didik
·     Memberikan Pre Tes
5 menit



Kegiatan Inti
Memberikan Stimulus Atau Pemberian Rangsangan
·         Peserta didik membaca teks hand Out yang disiapkan oleh guru
Identifikasi Masalah
·         Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok
·         Peserta didik menulis pertanyaan untuk didiskusikan dalam kelompok mengenai pemindahan lipit kup
Pengumpulkan data
·         Mengumpulkan informasi dari sumber lain tentang materi Pemindahan lipit pantas sebagai bahan referensi untuk berdiskusi
·         Mengumpulkan informasi dari sumber belajar, handout maupun internet mengenai pemindahan lipit kup
Pengolahan Data
·         Peserta didik Mendiskusikan informasi yang didapat tentang materi pemindahan lipit pantas
Pembuktian
·         Peserta didik Mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang materi pemindahan lipit pantas
·         Peserta didik dari kelompok lain menanggapi hasil presentasi
Menarik Kesimpulan
·         Peserta didik dengan bimbingan guru menarik kesimpulan hasil presentasi masing-masing kelompok
20 Menit















     Penutup
·       Peserta didik menanyakan hal-hal yang masih ragu dan melaksanakan evaluasi
·       Guru membantu peserta didik untuk menjelaskan hal-hal  yang diragukan sehingga informasi menjadi benar dan tidak terjadi kesalahpahaman terhadap materi.
·       Peserta didik menyimpulkan teknik yang tepat dalam pemindahan lipit pantas
·       Guru memberi tugas untuk pertemuan selanjutnya
(Peserta didik menyiapakn Pola dasar muka sekala ¼)
·         Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar.
5 menit






I.      Penilaian Pengetahuan
1.      observasi terhadap  dan  tanya jawab
Nama
Pernyataan
Pengungkapan gagasan yang orisinal
Kebenaran konsep
Ketepatan penggunaan istilah
ya
Tidak
ya
Tidak
ya
Tidak
A






B






C







2.      Format Kisi-kisi Penyusunan Soal Pengetahuan

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
INDIKATOR SOAL
JENIS SOAL
SOAL
3.6  Merumuskan teknik memindahkan lipit pantas  
 3.6.1  Mendiskusikan Macam-macam pemindahan lipit pantas pada tempat-tempat umum

1.1  Analisis lipit pantas pada tempat-tempat umum
Tes Lisan





1.      Analisislah gambar desain, bagian mana lipit pantasnya dan bagaimana langkah pemindahannya


3.      Indikator Penilaian Pengetahuhan
1)      Analisis Gambar
a.       Jika menganalis gambar dengan tepat diikuti dengan penjelasan langkah pembuatannya dengan benar nilai 100
b.      Jika menganalis gambar dengan tepat diikuti dengan penjelasan langkah pembuatannya akan tetapi kurang tepat  nilai 99-86
c.       Jika menganalis gambar dengan tepat tanpa diikuti penjelasan langkah pembuatannya  nilai 85-76
d.      Jika menganalis gambar tidak  tepat dan tanpa diikuti penjelasan langkah pembuatannya  nilai 75-60
e.       Jika tidak menjawab nilai 0


                                                                                                                                                 Semarang, 5 Oktober 2017  
Mengetahui,
Kepala SMK N 1 Ampelgading


Drs. Basari
NIP. 196008211986031013

                     Guru Mapel


                     Nur Hidayatus Sa’diyah, S.Pd.T
                     NIP.19850517 200903 2 006

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisa Desain Bolero atau Rompi

tanda-tanda pola busana

Pola sistem soen